Selasa, 25 Agustus 2009

karbohidrat

Karbohidrat dihasilkan melalui proses fotosintesis, klorofil dengan bantuan sinar matahari membentuk karbohidrat dari karbon dioksida berasal dari udara dan air dari tanah. karbohidrat yang dihasilkanberupa karbohidrat sederhana glukosa dan oksigen yang lepas di udara.


sinar matahari
6 CO2 + 6 H2O __________________ C6H12O6 + 6 O2
klorofil

Susunan kimia karbohidrat terdiri dari unsur karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O) dengan perbangdingan 1 : 2 : 1. adapun formula umum karbohidrat CnH2nOn.

Dalam ilmu gizi, karbohidrat diklasifikasikan menjadi 2; karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. karbohidrat sederhana terdiri dari monosakarida (terdiri dari: glukosa, frukstosa dan galaktosa), disakarida (yang meliputi sukrosa, maltosa dan rekalosa), gula alkohol (sorbotol, manitol, dulcitolo dan inositol), dan oligosakarida (terdiri dari 2-10 monosakarida, misal rafinosa, stakiosa).
Karbohidrat kokpleks terdiri atas polisakarida yang terdiri dari lebih dari dua ikatan monosakarida (contoh: glikogen dan dekstrin) dan serat yang disebut juga polisakarida nonpati (contoh: selulosa, hemiselulosa, lignin).

fungsi utama karbohidart adalah menyediakan energi bagi tubuh, selain itu juga berfungsi sebagi pemberi rasa manis pada makan, penghemat protein, pengatur metabolisme lemak dan berperan dalam membantu pengeluaran feses dengan cara mengatur peristaltik usus dan memberi bentuk feses.

sumber karbohidrat adalah padi-padian atay serealia, umbi-umbian, kacang-kacang kering dan gula. bahan karbohidrat hewani seperti daging, ayam, ikan telur dan susu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar